Posted on: 15 September 2020 Posted by: Priliana Oktaviany Comments: 0

Skill yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Software Tester atau Quality Assurance

Software Tester atau Quality Assurance kerap menjadi salah satu posisi yang penting di dalam sebuah Perusahaan Teknologi. Tugas profesi ini adalah melakukan tes yang bertujuan untuk mencari masalah atau kelemahan dari suatu aplikasi sebelum diluncurkan ke pengguna. Saat ingin melucurkan sebuah aplikasi yang baru saja dikembangkan, pemilik dari aplikasi tersebut membutuhkan Software Tester atau Quality Assurance. Seorang Software Tester bertanggung jawab terhadap tidak adanya bug (kesalahan), melakukan analisis dan pelaporan pada saat seorang Software Tester sudah mengumpulkan bug yang terjadi dalam aplikasi tersebut. Untuk menjadi handal di bidang ini tentunya dibutuhkan keterampilan tertentu yang mumpuni.

Berikut ini beberapa hard skills dan soft skills yang dibutuhkan untuk menjadi Software Tester atau Quality Assurance, yakni sebagai berikut :

Hard Skills yang dibutuhkan Software Tester

Berikut ini adalah beberapa Hard Skills yang perlu Anda persiapkan untuk menjadi seorang Software Testeryang handal.

1. Mengerti Software Engineering

Memiliki pengetahuan teknis dapat membantu Anda dalam memberikan informasi kepada Software Programmer dan Engineer. Selain itu pada beberapa kondisi Anda mungkin akan menguji SQL overflow. Di mana seseorang tanpa pengetahuan teknis mungkin akan kesulitan dalam melakukannnya. Oleh karena itu meski tidak perlu ahli namun setidaknya akan lebih baik jika Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai Software Engineering.

2. Memahami Proses Bug Tracking, Ticketing dan Testing

Umumnya perusahaan akan mencari seorang Software Tester yang sudah terbiasa dengan proses bug tracking, ticketing dan testing. Oleh karena itu cobalah untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam hal ini.

3. Memahami Produk

Guna menguji efisiensi dari suatu produk, seorang Software Tester harus mengenali produk dengan baik. Hal ini tentunya termasuk bagaimana pengguna menggunakannya dan apa yang diharapkan oleh pengguna dari produk tersebut. Meski begitu seorangSoftware Tester baru dapat melakukan analisis setelah black-box test-plan selesai.

4. Time Management

Mampu bekerja dengan memahami apa yang perlu dilakukan segera atau apa yang bisa dilakukan setelahnya adalah hal yang penting bagi seorang Software Tester. Selain itu sebagai bagian dari tim, artinya Anda akan bekerja dengan jadwal kerja orang lain. Oleh karena itu mengerjakan pekerjaan Anda dengan tepat waktu menjadi hal yang sangat penting.

Soft Skills yang dibutuhkan Software Tester

Selain beberapa kemampuan teknis di atas, seorang Software Tester juga perlu memiliki beberapa Soft Skills yang dapat menunjang pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Komunikasi

Sebagai seorang Software Tester memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik merupakan hal yang penting. Pasalnya dalam melakukan pekerjaan, Anda akan berkomunikasi langsung dengan tim Product dan tim Development. Anda mungkin juga akan membicarakan hal teknis kepada mereka yang tidak paham mengenai hal tersebut.

Selain itu dalam melakukan pekerjaan, Anda tentu akan melakukan tes terhadap hasil kerja tim Developer. Memberikan kritik tanpa menyinggung mereka merupakan hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya sebagian Developer mungkin akan merasa tersinggung ketika Anda memberikan laporan tentang adanya bug pada hasil kerja mereka.

2. Kemampuan Analisis dan Berpikir Logis

Saat melakukan tes terhadap suatu aplikasi, memahami bagaimana cara kerja aplikasitersebut saja tidaklah cukup. Anda juga perlu mencari tahu apa kekurangan dari aplikasi tersebut. Nah akan cukup membantu jika Anda memiliki pemikiran yang logis, kreatif dan berwawasan luas.

3. Memiliki Rasa Ingin Tahu dan Keinginan Untuk Belajar

Memiliki rasa ingin tahu dapat membantu Anda dalam menemukan kekurangan dari suatu produk. Sedangkan keinginan untuk belajar dibutuhkan karena setiap harinya sebagai seorang Software Tester Anda akan dihadapi oleh beragam tantangan, lalu agar mampu menghadapinya Anda perlu memiliki kemampuan untuk belajar sembari bekerja.

4. Kreatif

Dalam melakukan pengujian, seorang Software Tester butuh kreativitas untuk menemukan peluang di mana bug bersembunyi. Selain itu Anda juga harus kreatif menempatkan diri di posisi pelanggan untuk memperkirakan kemungkinan penggunaan perangkat lunak yang salah.

5. Presisi dan Toleransi

Skill Software Tester selanjutnya yang penting dimiliki yakni kemampuan untuk presisi dan toleransi. Pasalnya seorang Software Tester harus dapat berorientasi pada detail untuk validasi produk yang diberikan oleh Product Manager atau Designer agar dapat menguji dengan skenario yang berbeda. Terkadang pengujian ini menyita waktu Anda hingga akhir pekan karena harus menguji antar muka yang sama setiap minggunya. Bahkan mungkin beberapa bagian membutuhkan fokus untuk bekerja.

6. Memiliki Etos Kerja

Etos kerja adalah salah satu skills yang penting dimiliki oleh setiap karyawan, termasuk seorang Software Tester. Dengan memiliki etos kerja yang bagus karyawan tersebut akan mampu mengerjakan pekerjaan sesuai targetnya, fokus dan teratur. Mereka bisa menggunakan waktu seefektif mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan sambil mengasah keterampilan.

7. Mampu Bekerja Dalam Tim

Mampu bekerja dalam tim artinya Anda dapat menjalin kerja sama dengan baik. Mencari kesalahan atau kekurangan dari suatu produk atau aplikasi dan melaporkan hal tersebut, tentu bukanlah hal yang mudah. Anda perlu menyampaikan serta menjelaskannya dengan cara yang sopan dan diplomatis sehingga tidak ada yang merasa disalahkan. Selain itu Anda juga perlu mampu bekerja dengan baik dan sesuai jadwal agar tidak mengganggu alur kerja rekan Anda yang lain.

Itulah beberapa Hard Skills dan Soft Skills yang perlu dimiliki jika Anda ingin menjadi seorang Software Tester atau Quality Assurance yang handal. Guna meningkatkan kemampuan, memperluas pengetahuan, serta informasi terbaru seputar dunia Quality Assurance, cobalah untuk bergabung dengan komunitas Software Engineer.

Selain mendapatkan informasi sesuai bidang Anda, bergabung dengan komunitas seperti ini juga dapat membantu Anda dalam mengetahui beberapa hal mengenai dunia Software Engineer, bukan? Salah satu kemampuan yang Anda butuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Categories:

Leave a Comment