Posted on: 17 September 2021 Posted by: Priliana Oktaviany Comments: 0

Mencari Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Jurusan IT, Ini dia Tipsnya!

Mencari pekerjaan untuk Fresh Graduate jurusan IT, diantaranya yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer dan Ilmu Komputer menjadi sebuah hal sangat penting untuk dipelajari. Pada penerapannya, tentu saja ini bukanlah hal yang mudah. Pasalnya Fresh Graduate tersebut tidak hanya Anda saja. Ada banyak sekali lulusan baru yang akan menjadi pesaing dalam mencari pekerjaan tersebut, khususnya pekerjaan yang bergerak di sektor Teknologi Informasi itu sendiri. Agar tidak salah dalam menentukan pilihan, berikut ada beberapa tips mencari pekerjaan untuk Fresh Graduate jurusan IT yang bisa Anda terapkan!

1. Kenali Programmer Seperti Apa yang Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Tentu hal ini membutuhkan analisa yang mendalam akan tetapi cara melakukannya sebetulnya sangat sederhana. Anda hanya tinggal melakukan riset saja di beberapa perusahaan sekaligus, dan cek apa tipe lowongan yang paling trending dan banyak dicari. Dari sinilah Anda akan bisa lebih mudah dalam memperoleh informasi programmer macam apa yang mereka cari. Lalu sesuaikan jenisnya tersebut dengan kemampuan yang Anda miliki saat ini.

2. Cari Lowongan Sebagai Programmer Freelance

Jangan buru-buru melamar kerja sebagai programmer di perusahaan besar atau ternama. Yang harus Anda lakukan saat ini adalah menjadi programmer Freelance terlebih dahulu. Dengan menjadi Programmre Freelance, maka Anda pun akan bisa mendapatkan project yang lebih banyak lagi. Dalam tahapan ke depannya nanti Anda akan mampu memperoleh hasil yang jelas lebih baik dan tepat.

3. Miliki Portofolio yang Menarik

Hal ini terkait dengan apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan tempat Anda melamar kerja. Saat Anda apply di instansi atau pilihan tertentu, pastikan bahwa portofolio yang dimiliki cukup menarik. Dengan demikian sudah pasti Anda akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Meski Anda hanyalah Fresh Graduate, tetapi Anda akan bisa tampil lebih dominan dibandingkan pelamar lain jika portofolio yang dimiliki cukup menarik.

4. Pilih Profesi yang Sesuai Dengan Passion

Selanjutnya tips mencari pekerjaan untuk Fresh Graduate jurusan IT yang juga perlu Anda pahami di sini adalah memilih profesi terbaik yang sesuai dengan passion saat ini. Dengan memilih profesi yang tepat dan sesuai dengan passion, sudah pasti hal tersebut jelas akan memberikan kepada Anda manfaat yang lebih banyak lagi. Semangat bekerja akan bisa didapatkan dengan sangat maksimal.

5. Minimal Skill

Anda harus punya sedikitnya dua skill yang Anda bisa, biasanya perusahaan membutuhkan Junior Web Developer yang setidaknya sudah bisa menguasai minimal HTML dan CSS. Kemudian ditambahkan dengan menguasai PHP menjadi nilai plus. Jika ada kalimat tambahan seperti itu Anda jangan berkecil hati, karena Anda sudah menguasai dua skill tersebut sehingga perusahaan akan memberi waktu untuk Anda bisa belajar hal baru yang dibutuhkan oleh perusahaan.

6. Perbanyak Koneksi Pertemanan

Jika Anda mempunyai teman yang se-passion, semangat belajar dan ingin tahu semakin membara. Lalu Anda juga bisa hadir bersama di seminar Teknologi yang diadakan oleh suatu event, selanjutnya Anda juga dapat ikut bergabung dengan beberapa komunitas IT dan ikut berpartisipasi langsung didalamnya. Dengan bertemu banyak teman dan kerabat baru bisa menambah wawasan Anda mengenai Teknologi Informasi apa yang paling dibutuhkan dan update serta populer pada saat ini.

7. Tidak Perlu Terlalu Memikirkan Gaji

Tentu Anda memiliki ekspektasi gaji yang diinginkan saat menjadi programmer. Tapi ingat bahwa status Anda saat ini masih sebagai Fresh Graduate. Jadi tidak masalah jika Anda mendapatkan gaji yang standard dari ekspektasi, tetapi memiliki peluang besar untuk menambah pengalaman atau wawasan yang dimiliki. Dengan kata lain Anda tetap akan bisa mendapatkan hasil terbaik yang dibutuhkan dan direncanakan.

Nah sekian dulu tips-tipsnya, jangan pernah mundur sebelum mencoba ya! Dunia kerja dibidang IT tidak menyeramkan seperti yang Anda bayangkan kok, namun Anda juga harus banyak belajar agar memiliki skill dan passion yang dapat Anda kuasai. Salam Sukses 🙂

Categories:

Leave a Comment