Posted on: 27 November 2020 Posted by: Dina Amalia Comments: 0

Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat CV Diacuhkan Oleh HRD

Dalam perusahaan, salah satu tanggungjawab bagian Human Resources Departement atau HRD adalah menerima CV (Curriculum Vitae) yang dikirimkan oleh para pelamar. Setiap harinya CV yang HRD terima tidaklah sedikit jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan sampai ratusan CV. Hal iniliah yang mengharuskan para pelamar untuk pandai dalam membuat CV agar terlihat menarik bagi HRD. Karena tentunya tidak semua CV yang diterima oleh HRD akan diproses. Meskipun Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup banyak dan skill yang baik, namun bagian HRD tak kunjung menghubungi Anda. Lantas apa saja ya hal-hal yang membuat CV Anda dicahuhkan oleh HRD? Yuk kita bahas Bersama dalam artikel kali hal apa saja yang membuat CV diacuhkan oleh HRD!

1.     Penggunaan Font Yang Tidak Standard

Dalam penulisan CV sebaiknya gunakanlah jenis font standar seperti Arial, Cambria, Calibri, dan lainnya. Lalu hindarilah penulisan dengan font bertipe handwriting, dikarenakan untuk font jenis handwriting lebih cocok digunakan untuk kebutuhan seni dan tidak cocok apabila dijadikan font utama dalam sebuah CV.

2.     Tata Bahasa Yang Tidak Baku

Selain font tata Bahasa juga menjadi salah faktor penting yang harus diperhatikan. CV merupakan dokumen yang bersifat formal. Dokumen Formal diharuskan untuk ditulis dengan tata Bahasa yang baku dan pastinya sesuai dengan kaidah EYD. Jadi hindarilah pengguna Bahasa yang tidak baku dalam penulisan CV. 

3.     Foto CV Tidak Sesuai Standard

Banyak diantara para pelamar yang tidak memperhatikan foto yang digunakan dalam CV mereka. Misalnya menaruh foto yang memiliki kualitas kurang baik <resolusi rendah> ataupun foto yang diambil secara Bersama sehingga dalam foto tidak hanya ada satu orang. Hal ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi dan membuat HRD terpaksa tidak melanjutkan untuk memproses CV Anda.

4.     Subject Pada Email Tidak Jelas

Saat ini sudah banyak para pelamar yang melamar pekerjaan melalui job portal yang ada. Namun juga masih ada beberapa perusahaan yang mengharuskan para pelamar untuk mengirimkan CV melalui email yang dikirimkan langsung ke bagian HRD. Sayangnya sampai saat ini masih banyak pelamar yang menuliskan Subjek Email tidak jelas bahkan beberapa pelamar memilih mengosongkan Subjek Email. Sebaiknya tulis Subjek Email dengan posisi yang dilamar.

Jadi itulah beberapa hal yang masih sering para pelamar lakukan dan sebaiknya dapat Anda hindari. Ingat CV merupakan awal dari sebuah proses dalam melamar pekerjaan, maka sangat penting untuk Anda memperhatikan secara detail segala sesuatu yang tertuang dalam CV tersebut. Selamat mencoba! 

Categories:

Leave a Comment