Posted on: 5 Oktober 2020 Posted by: Priliana Oktaviany Comments: 0

CV dan Resume Ternyata Berbeda Lho, Apa Ya Perbedaannya?

Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah hal lumrah yang biasa diminta dari para pelamar kerja untuk melamar pada sebuah posisi pekerjaan. Namun masih banyak yang beranggapan bahwa Curriculum Vitae (CV) dan resume adalah dua hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang terbilang cukup signifikan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resume adalah ringkasan. Di dalam dunia kerja, resume adalah dokumen yang berisikan rangkuman dari pengalaman, keahlian serta pendidikan seseorang yang ditulis tidak lebih dari dua halaman. Data yang tertulis sudah pasti harus teratur dan rapi sehingga mampu menarik perhatian pembacanya. Jika Anda masih bingung mengenai perbedaannya, simak artikel ini untuk penjelasan yang lebih lengkap.

Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) atau biasa disebut dengan riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menjelaskan diri Anda sebagai pelamar kerja dengan rinci. CV bisa menjadi media untuk menggambarkan cerita kehidupan Anda sehingga isinya harus rinci. Umumnya di dalam CV mencakup informasi-informasi seperti pengalaman, kualifikasi, serta prestasi yang Anda raih, baik dari segi akademis atau prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Selain itu CV juga memuat informasi pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, kewarganegaraan, hingga status perkawinan yang dilengkapi dengan foto. Anda juga bisa mencantumkan informasi mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja beserta deskripsi pekerjaannya. Umumnya CV ditulis dalam bentuk kronologi sehingga inilah hal yang membedakannya dengan resume. CV berisikan informasi yang lebih mendalam mengenai perjalanan hidup dan karier yang pernah Anda tempuh. 

Informasi yang tercatat di dalam CV harus disusun dengan benar sehingga recruiter bisa memahami CV secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk merekrut Anda. Inti pentingnya adalah di dalam CV, Anda hanya perlu menambahkan beberapa data terbaru mengenai riwayat pekerjaan. Selain itu CV juga tidak memiliki batasan maksimal yang membedakannya dengan resume.

Komponen Dari Sebuah Curriculum Vitae

Tidak ada aturan baku tentang berapa halaman dari sebuah CV, penulisan CV akan tergantung pada jumlah pengalaman dan riwayat yang ditulis oleh sang pelamar pekerjaan itu sendiri. Sedangkan jumlah halaman CV itu bisa berkisar 2 hingga 8 halaman. Namun Anda juga harus mengikuti komponen CV seperti dibawah ini :

  1. Nama lengkap
  2. Kontak informasi
  3. Gelar professional, ringkasan resume atau resume objektif
  4. Minat dan ringkasan informasi pribadi
  5. Penelitian, publikasi dan pengalaman mengajar
  6. Jenjang pendidikan dan prestasi yang berhubungan dengan pendidikan
  7. Pengalaman kerja
  8. Konferensi dan kursus yang pernah diikuti
  9. Kumpulan prestasi (jika ada)
  10. Keterampilan yang dikuasai
  11. Sertifikat
  12. Bahasa yang dikuasai
  13. Referensi

Pengertian Resume

Jika CV adalah riwayat atau cerita kehidupan, resume adalah ringkasan atau gambaran singkat mengenai diri Anda yang disertai dengan alasan kenapa perusahaan harus merekrut Anda sebagai karyawan. Resume memiliki sifat yang lebih fleksibel jika dibandingkan CV. Jika CV hanya berisikan riwayat kehidupan, resume bisa disesuaikan dengan lowongan kerja yang Anda inginkan. Selain itu apa yang tertulis di dalam resume bisa Anda ubah sesuai dengan kebutuhan karena tujuan pembuatannya untuk mengiklankan diri dan kemampuan Anda.

Selain itu jika CV dapat ditulis dengan jumlah halaman lebih dua, resume hanya perlu ditulis dalam satu halaman saja. Hal ini untuk melihat apakah Anda dapat meringkas kemampuan yang dimiliki dalam satu halaman singkat. Tujuan pembuatan resume adalah informasi mengenai kualifikasi seseorang secara padat, ringkas dan jelas. Resume harus dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh si pembaca, dalam hal ini adalah perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Komponen Dari Sebuah Resume

Sama dengan CV diatas, Resume juga harus mempunyai komponen yang harus Anda ikuti dan patuhi dalam menulisnya. Berikut ini semua komponen yang harus Anda penuhi dalam penulisan resume Anda :

  1. Nama lengkap
  2. Titel pekerjaan Anda atau nama posisi yang Anda lamar
  3. Kontak informasi
  4. Lanjutkan ringkasan atau tujuan
  5. Pengalaman kerja
  6. Jenjang pendidikan
  7. Keterampilan yang relevan
  8. Bahasa dan kemahiran
  9. Sertifikasi dan minat yang relevan (jika ada)

Perbedaan CV dan Resume

Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan antara CV dan resume? Berikut ini akan dijelaskan lebih detail, mulai dari panjangnya, tujuan pembuatannya dan bentuknya. 

  • Resume berisi ringkasan singkat kemampuan yang Anda miliki dalam satu halaman. CV harus disusun dengan rapi karena memuat informasi mengenai kehidupan secara rinci dan jumlah halamannya tidak dibatasi (boleh lebih dari satu halaman).
  • Resume dapat disunting dan ditulis sesuai kebutuhan posisi yang Anda lamar. CV harus ditulis sesuai dengan aturan yang berlaku (tidak bisa diubah aturannya). 
  • Resume memiliki urutan penjelasan yang tidak saklek. CV memiliki urutan informasi yang berlaku atau telah ditentukan (tidak bisa diubah).
  • Resume memiliki isi yang lebih pendek, bentuknya tidak tetap dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pelamar. CV umumnya berisi panjang, statis dan memuat informasi karier Anda secara panjang dan lengkap.

Tips Menulis CV dan Resume

Baik itu menulis CV atau resume, ada beberapa aturan bermanfaat yang harus Anda ikuti. Karena dari penulisan ini dapat menunjukkan kepada manajer perekrutan bagaimana Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, apa yang bisa Anda tawarkan kepada organisasi dan mengapa Anda akan menjadi kandidat yang hebat untuk mendapatkan kesempatan wawancara.

Cocokkan resume Anda atau CV dengan posisi yang Anda lamar karena ini poin yang sangat penting saat menulis resume, tetapi cara ini juga berlaku jika Anda menulis CV saja. Pastikan bahwa Anda menekankan pendidikan, pengalaman kerja serta keterampilan yang Anda miliki yang terkait dengan industri atau pekerjaan tertentu.

Dalam CV misalnya jika Anda melamar pekerjaan di bidang pendidikan, Anda mungkin ingin menempatkan pengalaman mengajar Anda di bagian atas CV Anda. Pada resume Anda mungkin hanya menyertakan pengalaman kerja yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga dapat memasukkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan di resume atau CV Anda. Ini akan menunjukkan kepada atasan bahwa Anda cocok untuk posisi yang sedang Anda lamar.

Berikut cara mencocokkan kualifikasi Anda dengan pekerjaan :

  • Gunakan template yang sesuai

Anda mungkin ingin menggunakan template untuk menyusun resume atau CV Anda. Penggunaan template akan membuat semua dokumen Anda terlihat dan tersusun rapi serta jelas, yang nantinya akan membantu pihak perusahaan dengan cepat melihat kualifikasi dan pengalaman Anda.

  • Mengoreksi dan mengedit

Tidak masalah apakah Anda menggunakan CV atau resume, Anda hanya perlu teliti dalam mengedit dokumen Anda secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa karena semua informasi dan peluang Anda dalam mendapatkan juga dipengaruhi oleh kerapihan dari CV atau resume Anda.

Setelah melihat penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan disini resume adalah ringkasan satu halaman dari pengalaman kerja dan latar belakang Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Sedangkan CV adalah buku harian akademik yang lebih panjang yang mencakup semua pengalaman, sertifikat dan publikasi Anda.

Perbedaannya adalah resume hanya terdiri dari satu halaman dan maksimal 2 halaman, sedangkan CV bisa lebih panjang. Resume digunakan untuk mencari pekerjaan di semua industri dan CV digunakan untuk pekerjaan dan penerimaan di bidang akademis. Resume disesuaikan dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar, sedangkan CV adalah tinjauan komprehensif. Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan antara CV dan resume, maka Anda dapat memutuskan mana yang paling sesuai dengan tujuan Anda dan proses pencarian kerja Anda.

Selamat mencoba 🙂

Categories:

Leave a Comment